Prillalalalala's Blog

ketidakadilan dalam hal gender !

Posted on: May 26, 2012

saat ini gue lagi merasa sendiri banget. punya masalah tapi ga tau harus cerita sama siapa. gue berusaha mencari siapapun yang mau mendengarkan. hanya sekedar mendengarkan ! bersedia memberikan waktunya buat gue dengan dengerin gue tanpa perlu memberikan solusi, itu udah lebih dari cukup !

dari SMA, gue selalu pengen banget ngambil kuliah di unpad fakultas psikologi. pertama, karena setau gue, disana itu psikologinya klinis sesuai dengan yang gue mau. kedua, gue mau ngerasain ada di kota yang lain, bukan cuma di depok depok aja. jangan sampe deh, sampe mati disini terus.

tapi keinginan ya tinggal keinginan aja. orang tua gue ga pernah ngasih ijin gue untuk kuliah yang jauh. okelah, sekalipun gue sedih saat itu, gue nurut apa kata orang tua gue, terutama ibu. gue relain itu cita cita masuk psikologi klinis terbuang gitu aja. dan akhirnya gue juga ngikutin apa kemauan ibu gue masuk di gundar fakultas psikologi dengan alasan biar ga jauh dari rumah. baik ! dengan berat hati gue jalanin kuliah ditempat yang ibu gue mau. GA JAUH DARI RUMAH !!

taun demi taun gue jalanin. jujur, sampe detik ini masih ada rasa nyesel. kenapa dulu gue ga nekat aja ya ? kenapa gue terlalu nurut banget kata orang tua ? padahal kan yang jalanin semuanya nanti itu gue sendiri. semua itu berusaha gue tepis sampe akhirnya sekarang gue udah nginjek semester 6 di gundar. mungkin inilah alasan kenapa nilai gue ga pernah bisa maksimal. karena ternyata, jauh dalam lubuk hati gue masih ada rasa ga ikhlas.

sekarang ade gue, dimas, udah lulus SMA. dari setiap dia ngirim data diri buat jalur undangan, dia selalu berusaha masuk unibraw fakultas geofisika. dan semenjak itu juga gue denger ibu ngeluh karena itu terlalu jauh. usahain lagi yang lebih deket atau ganti fakultas. saat itu gue pikir, bahwa kuliah ga boleh jauh dari rumah masih berlaku, bahkan untuk ade gue yang notabene seorang anak laki laki.

tapi gue ga nyangka aja kalo ternyata ibu gue ngebolehin dia daftar ugm dengan fakultas geofisika dan udah berandai andai dimana dia akan tinggal juga berapa kali bakal nengok dia di jogja. dengan serta merta gue kaget ! disogok apa si ibu sama ade sampe dapet ijin buat kuliah sejauh itu ?! sedangkan gue yang mau kuliah di bandung, lebih deket dari jogja aja GA BOLEH !!

saat ini gue bener bener ga mau banyak ngomong sama ibu. lebih baik gue diem daripada suasana makin keruh. terlebih suara hati gue bener bener ga terima sama kejadian ini !

ibu bilang, “dirumah ibu aja pia sering pulang malam tanpa alasan dan ijin dari ibu. bayangkan bila itu dilakukan jauh dari ibu akan seperti apa ? ibu ga bisa kontrol lagi.” saat ibu bilang itu, pengen rasanya gue jawab semua yang dilakuin ade gue. pengen rasanya gue tumpahin semua unek unek gue. tapi gue takut makin durhaka. sejujurnya, ade gue yang lebih sering pulang malem tanpa ada alasan. bahkan, pas ditanya dia ada dimana aja, ga pernah bales. dia lebih keterlaluan lagi dari gue. tapi tetep aje dapet ijin kuliah diluar kota. bahkan AMAT SANGAT JAUH ! bahkan gue selalu dijulukkin ‘anak ibu’ karena ga pernah bisa diajak jalan sampe malem. karena gue masih tau batas !!

alasan kenapa gue mau kuliah diluar kota karena, gue JENUH selama ini selalu dibanding bandingin sama dimas, ade gue. ibu selalu bilang, “kaya dimas dong mba, belajar ! kamu ga pernah dapet ranking. ga malu sama ade kamu ?” dan yang lebih sakitnya, setiap kali gue anter ibu ketemu sama temen temennya, ibu selalu bercerita panjang lebar soal dimas sama ican. bayangin, bahkan ican yang lebih bodoh dari gue sama dimas aja masih dibanggain sama ibu. demi Allah, gue berkali kali seharian nemenin ibu reunian, pengajian atau arisan, cuma dua anak itu yang diceritain. baru sekarang sekarang ini aja gue denger nama gue sering disebut. itupun karena gue sekarang kerja jadi asisten laboratorium dikampus. sebelom sebelomnya sih ga pernah denger ibu cerita tentang gue. kalo ga dimas, ya ican. haha. pamor gue kalah sebagai kaka. bersyukur juga gue keterima jadi aslab dikampus. disini gue percaya bahwa Allah memberikan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita mau. gue emang butuh pengakuan dari orangtua gue, terutama ibu. bahwa gue juga anakmu yang bisa dibanggain !

kalo udah kaya gini, rasanya pengen buru buru dilamar orang biar dibawa pergi dari rumah. ga tahan banget, sumpah ! gue tadinya udah belajar ikhlas banget kuliah di gundar. tapi dengan adanya ini, gue semakin ga bisa ikhlas. apa hanya karena masalah gender ? apa gue pernah minta dilahirkan jadi seorang anak perempuan ? kalopun gue boleh memilih, gue pilih untuk jadi anak laki laki. itulah kenapa gue sering bertingkah seperti laki laki. karena pada dasarnya gue ga bisa membenarkan perbedaan perlakuan hanya karena gender !

1 Response to "ketidakadilan dalam hal gender !"

Allah itu maha adil darl, disaat kamu merasa sesuatu itu sangat tidak adil, disitulah tersirat keadilan yang diberikan Allah sama kamu, believe it darl 🙂

Leave a comment


  • None
  • Ilwan: hmmh.. jadi kangeen :( semoga hubungan kita bener-bener tetep berlanjut yah. walau emang kadang pasang surut kaya ombak di pantai. tapi bukankah
  • Teman Lama: tenang aja... Jgn takut gadapet jodoh. Semua orang punya chemistry-nya masing2... Pasti dapet jodoh yg bener2 sesuai kok! :D
  • oti: Allah itu maha adil darl, disaat kamu merasa sesuatu itu sangat tidak adil, disitulah tersirat keadilan yang diberikan Allah sama kamu, believe it dar